POTOKU

POTOKU
MY NAME IS SAMSUL

Kamis, 17 Mei 2012

CONTOH PERATURAN PERTANDINGAN FUTSAL

Peraturan Pertandingan Turnamen Futsal

A.    Sistem Pertandingan
1.      Pertandingan menggunakan system gugur. Peserta yang kalah dalam setiap pertandingan akan langsung tersingkir dari pertandingan.
2.      Waktu pertandingan 2 x 10 menit dengan waktu istirahat 5 menit.

B.     Tata Tertib Pertandingan
1.      Setiap tim wajib hadir dan siap bertanding 15 menit sebelum jadwal pertandingan.
2.      Setiap tim wajib melakukan daftar ulang sebelum pertandingan dimulai.
3.      Bagi pemain yang tidak memenuhi syarat untuk bertanding, tidak dapat mengikuti pertandingan hingga pemain yang bersangkutan memenuhi persyaratan.
4.      Apabila salah satu tim tidak hadir dan/atau tidak siap bertanding dalam waktu 10 menit dari jadwal yang telah ditentukan, maka tim lawan dinyatakan menang walk out dengan skor 3-0.
5.      Apabila terjadi penundaan pertandingan yang diakibatkan oleh kesalahan peserta/tim yang akan bertanding, maka durasi pertandingan akan dipotong sesuai dengan waktu yang tertunda.

C.    Perlengakapan Pertandingan
1.      Setiap tim wajib menggunakan seragam tim dan mencantumkan nomor punggung. Setiap pemain wajib menggunakan kaos kaki panjang (kaos kaki sepak bola) dan sepatu kets (sepatu futsal).
2.      Setiap pemain wajib menggunakan pelindung tulang kering.
3.      Penjaga gawang wajib menggunakan sarung tangan dan kostum yang berbeda warna dengan pemain lainnya.
4.      Seluruh pemain dilarang mengenakan aksesoris (kalung, gelang, cincin, dsb) yang dapat membahayakan diri sendiri maupun pemain lainnya.
5.      Apabila terdapat kesamaan warna seragam antara kedua tim yang akan bertanding hingga susah dibedakan, maka tim tamu wajib mengganti seragam dengan warna yang berbeda.
6.      Pelanggaran terhadap kelengkapan pertandingan akan dikenakan sanksi, baik teguran maupun kartu kuning/merah.

D.    Peserta Pertandingan
1.      Setiap tim terdiri dari 10 orang (5 pemain inti, 5 pemain cadangan), serta 2 official.
2.      Pemain yang dapat bertanding hanya yang terdaftar dalam tim saat technical meeting.
3.      Pemain yang telah terdaftar dan/atau bermain di salah satu tim tidak dapat bermain di tim lainnya.
4.      Pertolongan pertama bagi pemain yang mengalami cidera menjadi tanggung jawab tim medic yang bersangkutan dibantu oleh panitia. Panitia akan menyediakan transportasi apabila diperlukan tindakan medis lebih lanjut.


E.     Sanksi dan Denda Pertandingan
1.      Setiap tim wajib menyerahkan uang deposit denda sebesar Rp. 30.000,00, bersamaan dengan daftar pemain kepada panitia 15 menit sebelum pertandingan dimulai.
2.      Uang deposit itu akan dikembalikan setelah tim yang bersangkutan tersingkir dari turnamen, setelah dikurangi denda akumulasi kartu yang diterima. Apabila akumulasi denda melebihi deposit, maka tim tersebut wajib membayar sesuai dengan jumlah dendanya.
3.      Besarnya denda untuk kartu kuning sebesar Rp. 5.000,00, kartu merah Rp. 15.000,00.
4.      Protes mengenai peraturan pertandingan hanya akan diterima panitia dalam bentuk tulisan selambat-lambatnya 15 menit setelah pertandingan selesai, dengan menyerahkan uang protes sebesar Rp. 100.000,00. Apabila protes diterima maka uang protes akan dikembalikan penuh, apabila ditolak maka uang protes tidak akan dikembalikan.
5.      Apabila salah satu tim (baik pemain, official, maupun suporter) membuat keributan dan perkelahian selama pertandingan dan mengganggu jalannya pertandingan, maka tim tersebut akan diproses ke jalur hokum dan wajib membayar denda kepada panitia sebesar Rp. 5.000.000,00.

F.     Ketentuan Khusus
1.      Setiap peserta wajib menjunjung tinggi sportifitas.
2.      Setiap peserta wajib menghormati wasit, panitia, supporter/penonton, dan lawan.
3.      Keputusan wasit bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat.
4.      Hal-hal lain yang belum diatur dalam peraturan pertandingan dan berkaitan dengan Turnamen Futsal  …………… , akan ditentukan kemudia dengan mengacu pada peraturan PSSI dan FIFA.

G.    Peraturan Dasar Futsal
1.      Jumlah minimal pemain dalam satu tim saat kick off adalah 4 orang, kurang dari itu maka tim tersebut dinyatakan kalah walk out.
2.      Setiap tim berhak mengajukan time out di setiap babak selama 1 menit, hanya bila tim tersebut menguasai bola dan meminta instruksi wasit.
3.      Pergantian pemain hanya dilakukan di area pergantian pemain. Pemain pengganti memasuki lapangan setelah pemain yang digantikan melewati garis batas lapangan.
4.      Jumlah pergantian pemain bebas, tanpa pemberhentian waktu dan tanpa meminta instruksi wasit.
5.      Kick off dilakukan dengan tendangan langsung ke gawang musuh, atau menggulirkan bola ke arah depan. Ketentuan tersebut berlaku dalam setiap kick off, baik pada awal babak maupun setelah terjadi gol.
6.      Dalam keadaan bola out, tendangan ke dalam harus dilakukan di mana posisi bola tepat di atas garis tidak boleh lebih dari 4 detik dan posisi penendang harus diluar garis batas.
7.      Penjaga gawang hanya diperkenankan memegang bola selama 4 detik, lebih dari itu akan dikenakan sanksi tendangan bebas tidak langsung dari luar kotak penalty.
8.      Penjaga gawang tidak diperkenankan menangkap bola operan dari rekan satu timnya.
9.      Setiap pelanggaran akan dikenakan sanksi tendangan bebas langsung maupun tidak langsung yang ditentukan oleh wasit yang sesuai dengan keadaan di lapangan.
10.  Pelanggaran keenam oleh satu tim dalam satu babak akan diberikan hukuman tendangan penalty dari titik dua.
11.  Pemain dilarang keras melakukan sliding tacle ke arah lawan.
12.  Apabila salah satu pemain mendapatkan kartu merah, maka pemain pengganti hanya boleh masuk setelah dua menit dihitung saat dari kartu merah diberikan, atau terjadi gol sebelum jangka waktu dua menit tersebut habis.
13.  Apabila dalam jangka waktu 2 x 15 menit skor kedua tim imbang, maka akan langsung dilakukan adu tendangan penalty.
14.  Hal-hal yang belum tercantum dalam peraturan ini, akan mengikuti peraturan futsal internasional.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar