POTOKU

POTOKU
MY NAME IS SAMSUL

Rabu, 11 Juli 2012

CONTOH GARIS-GARIS BESAR PROGRAM KERJA (GBPK) ORGANISASI


GARIS-GARIS BESAR PROGRAM KERJA (GBPK)
 KPM “GALUH RAHAYU” CIAMIS-YOGYAKARTA PERIODE 2009-2010


 
I. Pendahuluan
1        GBPK adalah acuan program kerja dalam bentuk garis-garis besar yang merupakan aspirasi warga KPM "Galuh Rahayu" Ciamis-Yogyakarta yang ditetapkan dalam musyawarah warga.
2        GBPK KPM "Galuh Rahayu" Ciamis-Yogyakarta Periode 2009-2010 dirancang berdasar realisasi program kerja yang telah dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya dengan tetap memperhatikan pertimbangan-pertimbangan kedepan berdasarkan tujuan berdirinya KPM "Galuh Rahayu" Ciamis-Yogyakarta.
3        GBPK ini merupakan pokok-pokok program kerja KPM "Galuh Rahayu" Ciamis-Yogyakarta sebagai kerangka dasar dan acuan dalam pelaklsanaan program-program kegiatan
4        GBPK ini dalam implementasinya akan dijabarkan lebih lanjut kedalam program kerja yang lebih operasional oleh pengurus dalam sebuah Musyawarah Kerja.
5        GBPK ini dan program pelaksanaannya merupakan kerangka dasar dan acuan yang bersifat mengikat dan harus dilaksanakan oleh pengurus serta warga KPM "Galuh Rahayu" Ciamis-Yogyakarta.


II. Maksud dan Tujuan
Memberikan pedoman yang terarah bagi pelaksanaan program-program kerja KPM "Galuh Rahayu" Ciamis-Yogyakarta dalam pelaksanaannya dapat terkoordinir, terarah, berkesinambungan serta berdaya guna dan berhasil guna.

III. Arah Program Kerja
A. Ke Dalam
1        Meningkatkan usaha pembinaan dan pengembangan organisasi KPM "Galuh Rahayu" Ciamis-Yogyakarta menuju organisasi daerah yang profesional dan mandiri baik manajerial maupun kepemimpinan dengan tidak melupakan ciri kedaerahannya.
2        Meningkatkan dan mengembangkan sumber daya warga dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidangnya masing-masing.

B. Orientasi ke Luar
1        Meningkatkan upaya pada pembianaan, pembangunan sifat kritis responsif terhadap perubahan yang ada sebagai bentuk pengabdian KPM "Galuh Rahayu" Ciamis-Yogyakarta kepada masyarakat luas khususnya masyarakat Kabupaten Ciamis dalam berpartisifasi membangun masyarakat.
2        Meningkatkan program yang berorientasi pada pengembangan dan optimalisasi hubungan kerjasama dengan organisasi-organisasi di luar KPM "Galuh Rahayu" Ciamis-Yogyakarta.


IV. Garis-Garis Besar Program Kerja Periode 2009-2010
KPM "Galuh Rahayu" Ciamis-Yogyakarta merupakan organisasi kedaerahan yang mempunyai potensi yang sangat besar bagi perkembangan daerah, terutama dalam hal mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, mandiri dan menjunjung tinggi nilai-nilai kedaerahan. Oleh karena itu perlu adanya rumusan yang konkrit  bagi pengelolaan atas sumber daya manusia dan potensi kader.
Memfokuskan diri pada pelestarian kebuadayaan yang selama ini menjadi agenda utama merupakan keunggulan dan karakter dari KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta. Hal ini perlu kita pertahankan dan kita kembangkan, bukan hanya pada dataran kebudayaan tapi juga keilmuan. Kebudayaan, kesenian merupakan hasil dari karya cipta manusia yang sifatnya dialektis dan dinamis mengikuti perkembangan sosial kemansyarakatannya. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan sumber daya kader diharapkan akan terjadi sebuah akulturasi atau penyatauan antara keilmuan dan nilai-nialai kedaerahan, sehingga kebudayaan yang kita junjung memiliki nilai tambah yang positif dan bermanfaat bagi kemajuan daerah.
Dengan demikian KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta memiliki nilai-nilai tersendiri sebagai organisasi kedaerahan dan sekaligus sebagai warna bagi perkembangan organisasi kedepan. Dengan adanya berbagai macam latar belakang dan organisasi yang menjadi basis kognisi pada masing-masing kader tentunya, akan menjadi nilai lebih dan akan lebih bermanfaat bagi dialektika dan kemajuan organisasi kedepan. Selama nilai-nilai kedaerahan yang menjadi benang merah tetap menjadi prioritas utama.
Dengan usianya yang sekarang telah mencapai 43 tahun tentunya organisasi KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta sudah berada pada tingkat “kemapanan” dan “Kemandirian” organisasi. Kemandirian dalam pengertian tiadak adanya otoritas politik tertentu yang menjadiakan KPM "Galuh Rahayu" Ciamis-Yogyakarta sebagai kepanjangan tangan guna memenuhi kepentingannya. Akan tetapi KPM "Galuh Rahayu" Ciamis-Yogyakarta harus tetap memberikan kontribusi konkrit bagi perkembangan daerah dan menjadi kontrol atau penyeimbang bagi kemajuan daerah terutama dengan adanya wacana Otonomi Daerah.
Kebijakan pengembangan organisasi ini meliputi beberapa aspek, antara lain :

1. Aspek Manajemen Organisasi
a)      Pelaksanaan fungsi kehumasan :
Ø  Menjalin kerjasam dengan LSM, Intansi Pemerintah dan organisasi lainnya
Ø  Sosialisasi KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta beserta aspek-aspeknya.
b)       Peningkatan profesionalitas sumber daya pengurus.
c)      Optimalisasi komunikasi dengan warga.
d)     Administrasi.

2.      Aspek Usaha dan Dana
a)      Meningkatkan hubungan kerjasama dengan pihak terkait dalam masalah pendanaan.
b)      Mengintensifkan penggalian dan pengelolaan sumber-sumber dana yang sudah baku.
c)      Mencari usaha alternatif dan mandiri yang bersifat profit untuk membiayai program organisasi

3.      Aspek Keilmuan
a)      Menjadikan KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta sebagai fungsionalisasi Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi :
o   Bidang Penelitian
o   Bidang Pengabdian
o   Bidang Pengembangan
b)      Memfasilitasi dan mengefektifkan sarana dan prasarana bagi pengembangan sumber daya warga dalam bidang ilmu pengetahuan dan keterampilan
c)      Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan bidang keilmuan.
 
4.      Aspek Kewargaan
a)      Mengoptimalkan komunikasi dan sosialisasi KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta kepada warga.
b)      Optimalisasi peran serta warga dalam mendukung kegiatan KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta.
c)      Pendidikan dan kaderisasi.
d)     Pengembangan dan optimalisasi sarana dan prasarana yang dimiliki KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta bagi kepentingan warga.

5.      Aspek Olah Raga
a)      Rekrutmen
b)      Pembinaan dan pengembangan yang berkelanjutan.
c)      Kerjasama
d)     Sarana dan prasarana
e)      Peningkatan prestasi

6.      Aspek Seni Budaya
a)      Rekruitmen
b)      Pembinaan, peningkatan dan pengembangan yang berkelanjutan
c)      Profesionalaitas dalam pengelolaan potensi seni budaya
d)     Sarana dan prasarana
e)      Kerjasama

7.      Aspek Kerohanian
a)      Meningkatkan pembianaan, pemahaman, dan wawasan keagamaan serta pengembangan sikap toleransi antarumat beragama di lingkungan KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta.
b)      Kerjasama

8.      Aspek Lembaga Asrama
a)      Meningkatkan sistem pengelolaan asrama yang lebih efektif dan efisien.
b)      Sarana dan prasarana.
c)      Harmonisasi hubungan dengan masyarakat sekitar asrama melalui partisipasinya dalam berbagai kegiatan.

V. Penutup
Demikianlah garis-garis besar program kerja Periode 2009-2010 sebagai bahan acuan bagi program kerja pengurus KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta dalam menetapkan program kerjanya.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar